Ternyata Belajar Online Mengasyikan Juga Loh!!

Assalamu'alaikum Wr, Wb

Hallo Guys apa kabar? Semoga baik-baik saja ya kalian. Gimana selama belajar di rumah? mudah-mudahan lancar jaya ya hehe udah lama banget ya kita menjalani aktifitas di rumah, dari mulai belajar online, absen online, dan sebagainya. Sama halnya juga nih kaya gue yang harus bekerja secara online juga kaya kalian hehe. Oke di blog kali ini yang akan di bahas yaitu tentang belajar online yang ternyata mengasyikan juga loh. Yang akan di bahas disini tentang manfaatnya apa sih, terus tips-tips belajar online mengasyikan, dan pastinya ada keuntungan & kekurangannya dong ya. Baik, kita langsung bahas aja ya mulai dari manfaat belajar online (Online Lezrning) apa-apa aja sih? di antaranya :

1. Praktis dan Fleksibel
Manfaat online learning yang pertama adalah dari segi kepraktisan. Dengan online learning, interaksi antara guru dan siswa akan lebih praktis karena tidak harus menempuh perjalanan untuk bertemu. Selain itu, tidak ada ruang kelas sebagai tempat belajar formal. Proses belajar mengajar dapat berlangsung di mana pun selama kondusif dan dapat membantu untuk fokus. Selain itu, tidak diperlukan tambahan-tambahan seperti keharusan “berdandan rapi” atau “tampil formal” sehingga lebih fleksibel.

2. Pendekatan yang lebih sesuai
Online learning menggunakan pendekatan teknologi yang lebih sesuai pelajar masa kini dibandingkan metode konservatif belajar di kelas. Metode penyampaian yang digunakan di kelas-kelas online learning juga umumnya sudah merupakan gabungan formal dan informal. Kamu akan lebih mudah memahami sesuatu yang disampaikan dengan cara yang lebih sesuai dengan “gaya”-mu, bukan?

3. Pengalaman belajar yang menyenangkan
Online learning sudah melepaskan item-item pembelajaran di kelas seperti guru dengan spidol dan papan tulis, serta siswa dengan catatan dan pulpen. Kamu akan mendapatkan pengajaran yang lebih menarik dengan berbagai format media baik itu foto, video atau audio. Semuanya akan memberikan kamu pengalaman belajar yang lebih menyenangkan.

4. Lebih personal
Beberapa teknik online learning mungkin menggunakan materi-materi yang bersifat satu arah, namun banyak juga yang sudah menyediakan komunikasi dua arah. Beberapa kelas online learning benar-benar menghubungkan siswa dan guru dalam satu waktu untuk dapat berinteraksi layaknya di kelas, namun di depan layar. Guru akan secara langsung memberikan materi pembelajaran dan siswa akan dapat secara langsung bertanya dan mendiskusikannya. Dengan cara ini, online learning bisa dikatakan lebih personal karena baik guru dan siswa benar-benar melakukan interaksi dua arah dalam satu waktu.

5. Hemat waktu dan biaya
Dalam pembelajaran konvensional selama dua jam, misalnya, dibutuhkan waktu setidaknya 3 jam hingga kelas dimulai karena perpindahan ruang. Baik guru dan siswa harus sama-sama menempuh waktu perjalanan untuk mencapai kelas yang digunakan untuk belajar. Selain itu, ada biaya-biaya tambahan seperti pengadaan buku serta fotokopi materi dan sebagainya. Salah satu manfaat lainnya online learning adalah memangkas semua pengeluaran tersebut sehingga siswa dan guru hanya perlu terhubung dengan layar dan koneksi internet.

6. Mudah didokumentasi
Dengan metode pembelajaran konvensional, siswa perlu mencatat atau untuk membuat salinan materi pelajaran untuk diri mereka. Cara lainnya adalah dengan fotokopi materi, namun cara tersebut akan membutuhkan media kertas sehingga tidak terlalu praktis. Manfaat online learning lainnya adalah menggunakan media yang memungkinkan siswa untuk merekam dan menyimpan materi yang diberikan dalam bentuk digital. Sehingga dapat dengan mudah diakses dan dipelajari kembali di kemudian hari.

7. Ramah lingkungan
Dengan berkurangnya mobilitas, secara tidak langsung kamu sudah mengurangi polusi yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor. Selain itu, online learning tidak memerlukan kertas baik untuk pemberian materi, soal-soal maupun pendataan. Hal tersebut tentu saja memiliki dampak yang positif bagi lingkungan karena mengurangi konsumsi kertas yang dibuat dengan merusak lingkungan serta mengurangi sampah yang dihasilkan dari penggunaannya.

8. Alternatif selama Social Distancing
Wabah covid-19 membuat kita harus membatasi interaksi sosial untuk memutus rantai penyebarannya, termasuk proses belajar mengajar di kelas. Meski demikian, pendidikan tetap harus berlanjut salah satunya dengan memanfaatkan sistem online learning. Dengan sistem ini kamu dan gurumu tidak perlu bertemu namun proses belajar mengajar dapat terus berlanjut.

Nah yang di atas di bahas tentang manfaatnya, kalo yang sekarang bakalan di bahas tentang tips-tipsnya nih, diantaranya :

1. Atur jadwal belajar

Sebagai pelajar, kewajiban belajar tetap harus dipenuhi karena berada di rumah bukan berarti sedang berlibur. Buatlah jadwal belajar layaknya sekolah seperti hari biasa. Mulailah belajar pada jam seperti saat kalian di sekolah. Begitu juga dengan pelajaran yang harus dipelajari, harus disesuaikan dengan mata pelajaran yang berlaku.

2. Gunakan aplikasi belajar
Untuk mempermudah kegiatan beajar dari rumah, bisa menggunakan aplikasi belajar online yang saat ini banyak tersedia di toko aplikasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga telah menyiapkan untuk anak Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Umum (SMU), layanan belajar online gratis, yaitu Rumah Belajar di laman belajar.kemdikbud.go.id, yang dapat dimanfaatkan oleh semua pelajar Indonesia.

3. Nikmati Liburan
Usai memenuhi kewajiban belajar secara online, tidak ada salahnya jika menikmati hiburan dengan streaming musik ataupun streaming video. Bagi yang suka bermain gim mobile, hal ini juga bisa dilakukan setelah kewajiban belajar dilakukan. Namun, jangan lupa untuk membatasi kegiatan di dunia maya tersebut dengan tidak terlalu mengaksesnya.

4. Tetap terhubung dengan teman
Tetap berada di rumah, bukan berarti tidak bisa terhubung dan berkomunikasi dengan teman-teman sekolah. Saat ini, banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk bisa berkomunikasi. Kalian tetap bisa berkirim pesan atau pun melakukan panggilan baik suara maupun video untuk berbincang dengan teman. Media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk saling berbagi kabar.

Baiklah di atas sudah jelas ya ada manfaatnya jug dan ada juga tips-tipsnya agar belajar di rumah lebih mengasyikan. Disini pun pasti ada yang namaya keuntungan dan kekurangan. Apa-apa aja sih keuntungan di antaranya, yaitu tidak adanya batasan, lebih menyenangkan, biaya yang efektif, dan sangat sesuai. Dan ada juga nih kekurangan kalau belajar online (Online Learning) yaitu terisolasi/terasing dan terkait kesehatan contonya seperti kelelahan mata, fostur tubuh yang kurang baik, dan masalah fisik lainnya. Oke deh kalau begitu sekian dulu ya pembahasan tentang asiknya belajar online. Semoga penjelasan di atas cukup jelas dan mengapresiasi kalian dalam belajar di rumah. Semoga bermanfaat dan Terima kasih 💗

Wassalamu'alaikum Wr, Wb

  • Sumber :

Komentar

Postingan Populer