Sunnah Mengkonsumsi Buah Kurma Di Bulan Ramadhan

Hallo...
Assalamu'alaikum Wr, Wb


Apa kabar guys? mudah-mudahan sehat selalu ya. Semoga dengan kondisi sekarang ini tidak menghambat atau menghalangi aktivitas kalian ya guys selama di rumah aja. Okey, di artikel gue kali ini, gue akan membahas tentang buah yang di sunnahkan pada bulan ramadhan untuk di konsumsi yaitu buah kurma. Siapa sih yang gak tau buah kurma, buah yang kaya akan manfaatnya untuk kesehatan dan buah yang manis kaya gue (uweeek). Mungkin gak semuanya orang suka buah satu ini tapi kebanyakan orang juga pastinya suka dengan buah ini, buah yang banyak banget manfaatnya. Pada zaman Rasulullah (Nabi Muhammad SAW) buah ini di sunnahkan untuk di makan pada saat berbuka puasa. Saat berbuka puasa, Rasulullah mengkonsumsi buah kurma masak (rothb) atau kurma kering (tamr) dalam jumlah ganjil, misalnya tiga, lima, atau tujuh.
Sebagaimana dijelaskan dalam Hadist dari Anas bin Malik radhiallahu 'anhu, ia berkata :
"Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berbuka dengan beberapa biji ruthab (kurma masak yang belum jadi tamr) sebelum shalat maghrib; jika tidak ada beberapa biji ruthab, maka cukup beberapa biji tamr (kurma kering); jika itu tidak ada juga, maka beliau minum beberapa teguk air." (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi. Hadits Hasan Shahih)

Dengan mengikutinya, menghidupkan sunnahnya alias apa yang dicontohkan oleh Rassul, berarti umat islam taat akan ajaran yang dibawa oleh Rassulullah. Apa yang di contohkan dan sebaiknya diikuti oleh semua umat muslim, tentu baik bagi umatnya hingga akhir zaman. Termasuk mengkonsumsi buah kurma sebanyak tiga butir alias ganjil ini. Hal tersebut terbuktu dan terjawab oleh banyak ilmua, baik ilmuan muslim maupun no-muslim yang meneliti mengenai buah kurma dan cara mengkonsumsi buah kurma sebaiknya ganjil. 

Ternyata guys terdapat beragam manfaat baik loh bagi tubuh jika mengkonsumsi buah kurma saat berbuka puasa. Diantaranya nih ya, selama dibulan puasa kurma bisa menggantikan energi selama berpuasa, mudah di cerna tubuh, mencegah kelebihan makan, menyehatkan sistem pencernaan, menormalkan asam darah, melancarkan buang air besar, meningkatkan kesehatan otak, antiinflamasi, dan lain-lain. Nah banyak banget kan manfaatnya dari buah kurma. Jadi guys jangan lupa ya untuk mengkonsumsi buah kurma di waktu bulan Ramdhan ataupun di luar bulan Ramadhan juga gak apa-apa, karena banyak manfaatnya untuk tubuh kita. 

Okey guys, jadi sekian dulu ya penjelasan dari gue tentang sunnah memakan/mengkonsumsi buah kurma di bulan Ramadhan beserta beberapa manfaatnya. Jika ada salah dalam penulisan dan penjelasannya ataupun kata-kata mohon dimaafkan yaa, namanya juga sama-sama belajarkan hehehe. Terima Kasih 💗

Semoga Bermanfaat!!

Komentar

Postingan Populer