Ada 5 Makanan Sunnah yang Di Anjurkan Rasulullah Untuk berbuka Loh

Assalamu'alaikum Wr, Wb

Hallo Semua, Apa kabar? Besok Kita udah mulai puasa nih hari pertama hehe semoga puasanya lancar ya dan gak ada halangan dan lebih pentingnya lagi harus kuat. Oke di kesempatan kali ini gue akan bahas artikel mengenai makanan sunnah yang di anjurkan oleh Rasulullah ketika berbuka puasa, yang bakal gue jelasin disini ada 5 makanan yang di sunnahkan salah satunya adalah buah kurma. Disini, dimana buah kurma banyak banget manfaatnya. Sebelumnya hal ini udah pernah gue jelasin di artikel gue sebelumnya ya tentang manfaat buah kurma. Baiklah, disini gue dapet artikel dari Bangkapos.com yang menjelaskan tentang 5 makanan yang di sunnahkan oleh Rasul, Cekido 👉

bangkapos.com - Ketika menjalankan ibadah puasa Ramadan 2019, penting untuk mengonsumsi makanan sunah saat sahur maupun berbuka. Mengonsumsi makanan sunah ini bisa sangat baik untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar saat menjalani puasa Ramadan 2019. Ada banyak makanan sunah yang dianjurkan dikonsumsi saat berbuka puasa Ramadan 2019. Apa sajakah? Dikutip Grid.ID dari Humanappeal, Sabtu (20/4/2019), berikut makanan yang disarankan untuk dikonsumsi saat sahur maupun berbuka

1. Labu

"Nabi Muhammad SAW di antara semua makanan lainnya, menyukai labu." (Tirmidzi)
Labu penuh dengan manfaat kesehatan yang dapat menjaga kesehatan tubuh selama puasaMengonsumsi labu membantu menjaga kesehatan jantung serta mencegah kanker. Sebab, labu ternyata menyimpan banyak antioksidan dan antikanker. Labu juga membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kualitas tidur, sehingga labu dapat membuat lebih rileks dan santai setelah berpuasa dalam waktu lama.

2. Madu
"Madu adalah obat untuk setiap penyakit dan Alquran adalah obat untuk semua penyakit pikiran. Oleh karena itu saya merekomendasikan kepada Anda dua obat, Al-Qur'an dan madu." (Bukhari)

Madu memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur, sehingga bermanfaat untuk luka atau kondisi kulit yang buruk. 
Madu juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengatur kadar gula darah,
bisul dan gangguan pencernaan lainnya juga dapat dikurangi dengan penggunaan maduSerta mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung tertentu. Mengkonsumsi madu secara teratur saat puasa dapat memiliki manfaat luar biasa.

3. Buah Ara atau Buah Tin


"Makan buah ara! Jika saya akan mengatakan jenis buah tertentu yang diturunkan kepada kita dari surga, saya akan mengatakan itu adalah buah ara karena tidak memiliki biji. Itu menyembuhkan wasir dan berguna untuk rematik." (Abu Darda RA)
Buah ara memiliki sumber vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang baik. Buah ini paling populer digunakan untuk mencegah sembelit dan meningkatkan sistem pencernaan. Buah ara juga membantu meningkatkan kesehatan jantung, mencegah penyakit jantung dalam jangka panjang karena mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6. Manfaat ini akan sangat membantu, khususnya untuk kondisi lambung selama bulan Ramadhan.


4. Kurma
"Ada pohon di antara pohon-pohon yang mirip dengan seorang Muslim (dalam kebaikan). Daunnya tidak jatuh. Apa pohon itu? Nabi Muhammad SAW sendiri berkata,'Itu adalah pohon kurma'." (Bukhari)

Makan kurma bermanfaat bagi diet. Kurma kaya akan vitamin dan protein dan menurunkan kolesterol. Makan kurma saat berbuka puasa dan sahur, membantu melengkapi tubuh dengan nutrisi ini yang akan membantu memperlancar puasaSelain itu, kurma kaya akan zat besi, sehingga membantu mencegah kelelahan atau pusing dan pusing di siang hari. Secara keseluruhan, makan kurma sangat membantu pencernaan.


5. Zaitun

"Pohon yang diberkati, Zaitun, baik dari timur maupun dari barat, yang minyaknya hampir bercahaya .." (Surah 24:35)

"Makanlah minyak zaitun dan pijat di rambut dan kulitmu, karena itu berasal dari pohon yang diberkati." (Tirmidzi)

Berjam-jam puasa, rasa lemah dan lesu adalah hal yang umum dialami seseorang. Karena itu, sebaiknya mengonsumsi zaitun saat sahur. Makan zaitun memiliki efek positif dalam darah, karena dapat meningkatkan kadar zat besi dan menjaga tingkat energi menjadi konsisten. Zaitun juga memungkinkan fungsi sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik, serta memiliki efek positif pada perkembangan kognitif. "

Baiklah, Sekian dulu penjelasan dari artikel di atas. Semoga Bermanfaat ya guys, Terima kasih 💗

Wassalamu'alaikum Wr, Wb
  • Sumber:

Komentar

Postingan Populer